Aplikasi iOS & Android yang memudahkan menikmati Malaysia

Pada zaman dahulu kala, kita bepergian dengan membawa peta dan buku panduan. Tapi itu dulu. Sekarang zamannya internet dan smartphone yang begitu memudahkan hidup kita termasuk saat traveling ke Malaysia. Berikut ini adalah aplikasi-aplikasi yang sebaiknya kamu install jika ingin menikmati kota Kuala Lumpur atau Malaysia secara umum.

  • My Teksi (Grab Taxi)
    Sudah rahasia umum kalau layanan taksi di Kuala Lumpur memang aduhai menggemaskan, tapi kamu tidak perlu khawatir lagi. Install aplikasi Grab Taxi (di Malaysia aplikasi ini sudah lebih dahulu terkenal dengan nama lokal yaitu My Teksi) dan kamu gak perlu repot manggil taxi apalagi tawar menawar hanya supaya supirnya setuju pake argo.
  • Uber
    Sebelum "masuk" Jakarta, layanan Uber sebenarnya sudah lebih dahulu bercokol di Kuala Lumpur dan sekitarnya. Jumlah driver lumayan banyak di sini, jadi katanya sih nunggunya nggak selama kalau pakai Uber di Jakarta. Coba aja.
  • Hotelquickly
    Beberapa hotel akan memberikan diskon gede pada jam-jam terakhir hanya untuk memastikan ada jumlah tamu minimum yang menginap di hotel mereka (ya daripada kosong gitu). Jadi siap-siap aja dapat hotel bagus harga super murah. kelemahannya, hanya bisa booking di last minute dan tidak terlalu banyak pilihan. Jadi tidak bisa buat booking dari jauh-jauh hari.
  • TripAdvisor
    Ini aplikasi standar untuk trip, tapi berguna banget buat cari tau referensi dasar tentang hal menarik di suatu tempat. Selain itu, rating dan komentar dari pengunjung sebelumnya bisa membantu kita menyesuaikan apa yang kita harapkan dari suatu objek wisata, hotel, resto, dan sebagainya.
  • Waze
    Jalanan di Malaysia terutama Kuala Lumpur itu bagus-bagus, dan hampir semua lokasi bisa terhubung. Tapi kalau nyetir sendiri, jangan pernah pikir bahwa kalau gedung yang kamu tuju sudah kelihatan trus untuk nyetir ke sana gampang banget. Bisa aja akses ke sana masih mutar dulu 2-3 kali. Nah di sini Waze membantu banget. Orang Malaysia aktif banget pake Waze, makanya info di Waze juga relatif akurat. Bahkan wazers di KL rajin ngasih info kalau ada polisi, ada mobil berhenti di baju jalan, kecelakaan, dan sebagainya. Oh ya, bocoran aja nih: SIM (Surat Ijin Mengemudi) dari Indonesia berlaku lho di Malaysia.
  • Instagram
    Sayang aja sih kalau jalan-jalan ke Malaysia tapi nggak bisa pamer, hehehe. Makanya, pastikan kamu sudah install instagram dan sudah punya akun dengan ratusan follower. Selain buat narsis, instagram juga cocok buat cari info yang spesifik, misal dengan hashtag tertentu atau yang ditag dengan lokasi tertentu.
    Kelebihan nya lagi postingan di instagram itu sangat visual, jadi misalnya masuk resto makanan Chinese tapi nggak tau nama masakan, tinggal cek postingan instagram di resto tersebut, cari fotonya trus tunjukin deh ke penjaga resto sambil bilang "I want like this ya".
  • Skype
    Nah kalau ini buat telpon ke rumah, untuk tetap kontak dengan orang tua, saudara, keluarga, handai taulan, sahabat, tetangga dan semua yang ingin kamu kabari dari Malaysia. Skype berfungsi dengan baik walaupun di HP karena jaringan 3G/4G sudah relatif mencakup semua daerah.
  • Travel Malaysia - Smart-i
    Aplikasi yang satu ini aplikasi yang memang khusus untuk traveling di Malaysia. Menurut deskripsinya: Have everything Malaysia at your fingertips - form the most popular to the hidden gems of this land we call 'Truly Asia'. Kebayang lah ya, emang bagus. Jadi silahkan diinstal aja.

Seperti itu kira-kira. Udah cukup banyak nih daftar aplikasinya. Tinggal giliran kamu untuk install, cobain, dan ceritakan pengalaman di sini. Dan kalau menurut kamu masih ada aplikasi lain yang bakal berguna waktu traveling ke Malaysia, jangan ragu-ragu tuliskan di komentar di bawah ini ya.