Bukittinggi: Pesona Ngarai Sianok & Menara Jam Gadang

Bukittinggi adalah kota kecil yang kondisi alamnya serupa dengan Bandung dan Malang. Kalau Bandung terkenal dengan Gedung Sate-nya, maka Bukittinggi punya ikon yaitu Jam Gadang. Sama halnya seperti di Bandung dan kota di dataran tinggi lainnya, udara sejuk dan segar jadi kebanggaan masyarakat Bukittinggi. Ada tiga gunung yang berdiri jadi pagar kota yang pernah jadi ibukota Indonesia ini. Lalu di kaki salah satu gunung tersebut kita dapat saksikan lukisan Tuhan yang maha cantik, Ngarai Sianok.

Ngarai sendiri artinya lembah. Keistimewaan lembah yang satu ini tentu saja ada pada pesona penampakannya yang eksotis. Lembah dengan kedalaman jurang sekitar 100 meter dan lebar 200 meter ini memiliki aliran sungai bernama Batang Sianok. Yang seru, kita bisa mengarungi sungai ini dengan menggunakan kano atau kayak. Bayangkan kita berperahu di permukaan sungai yang jernih sambil menonton dinding lembah yang terjal, besar, dan tinggi menjulang. Pasti akan jadi momen yang tak terlupakan. Hanya saja kondisi sungai ini dapat mongering pada saat tertentu. Sementara itu, bila melihat pemandangan ngarai dari atas, lembah ini terlihat begitu megah, seperti permadani hijau yang melayang-layang diantara perbukitan.

Tak perlu kita jauh-jauh memacu kendaraan menuju kaki gunung Singgalang untuk mencapai Ngarai Sianok. Bukittinggi adalah kaki gunung itu sendiri. Unik sekali sebuah lembah luas dan megah berada di pusat kota. Ngarai Sianok letaknya tidak jauh dari pusat kota Bukittinggi, berjarak sekitar satu kilometre saja dari posisi Jam Gadang.

Untuk dapat menikmati panorama lembah ini, wisatawan dapat mengunjungi Taman Panorama. Dari taman panorama inilah kita dihadapkan pada beberapa pilihan wisata, diantaranya melihat keindahan sungai Batang Sianok dan berjalan-jalan disekitar lembah, atau menelusuri Lobang Jepang (goa Jepang). Di kawasan ini terdapat tumbuhan langka seperti Bunga Bangkai (Rafflesia) dan aneka satwa seperti rusa, tapir, monyet ekor panjang, simpai, dan beberapa lainnya.

Untuk mendapatkan klimaks pemandangan terbaik, bila cuaca cerah, sempatkan untuk menghabiskan sore hari di Ngarai Sianok. Pemandangan matahari terbenam tentunya bakal jadi penutup petualangan yang indah.